Konsumsi Data Selama Pembelajaran Jarak Jauh

Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada Maret 2020, semua jenjang pendidikan mulai menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kegiatan pembelajaran ini sangat mengandalkan perangkat laptop/komputer, smartphone dan koneksi internet. Media pembelajaran yang digunakan bisa bervariasi mulai dari Whatsapp Group, E-Learning sekolah, Google Classroom, Youtube, Zoom hingga Google Meet. Setiap media pembelajaran tersebut mempunyai tingkat konsumsi data yang berbeda-beda.

Nah yang menjadi permasalahan adalah orang tua siswa sering mengeluh borosnya paket data saat pembelajaran jarak jauh. Apakah benar kuota internet siswa habis untuk pembelajaran jarak jauh? Atau sebenarnya kuota habis untuk hal-hal di luar PJJ? Mari kita hitung konsumsi data pada beberapa media pembelajaran di atas.

Namun sebelum melangkah lebih jauh anda terlebih dahulu harus tahu tentang satuan data. Mulai dari bit, bytes, kilo bytes (KB), mega bytes (MB) dan Giga Bytes (GB). Untuk memudahkan dalam memahami satuan data, maka saya akan menggunakan pembulatan pada setiap satuan.

Bit merupakan satuan data terkecil. Kemudian ada bytes yang mana 1 bytes = 8 bit. Kilo merupakan ribuan yang artinya 1 KB = 1.000 Byte. Satu tingkat di atasnya ada Mega yang berarti 1 Mega Bytes = 1.000.000 Bytes atau 1.000 KB. Kemudian ada Giga Bytes yang setara dengan 1.000 Mega Bytes (MB).

Jadi saat membeli paket data dengan kuota 5 Giga Bytes (GB) artinya setara dengan :

  • 5.000 Mega Bytes (MB)

  • 5.000.000 Kilo Bytes (KB)

  • 5.000.000.000 Bytes (B)

  • 40.000.000.0000 Bit

WhatsApp Group

Perhitungan konsumsi data pada WhatsApp relatif sulit, karena dalam satu aplikasi WhatsApp pasti terdapat banyak chat yang tidak ada kaitannya dengan PJJ. Menurut situs Android Authority menyatakan bahwa panggilan telepon melalui WhatsApp selama satu menit akan menghabiskan 740 KB. Kemudian menurut forum diskusi pada situs RedFlagDeals untuk konsumsi data tiap pesan pada WhatsApp adalah 4 KB. Pesan yang dimaksud di sini adalah pesan yang berupa teks. Jika berupa gambar, video atau file perhitungannya akan lebih mudah karena masing-masing tipe pesan tersebut pasti terdapat informasi ukuran file.

WhatsApp Data Usage

Maka jika diasumsikan seorang siswa mengikuti pembelajaran jarak jauh yang mana dalam WhatsApp Group menerima 1.000 pesan dan 2 file materi dengan ukuran total 20 MB maka konsumsi data yang dibutuhkan yaitu :

1.000 pesan x 4 KB = 4.000 KB atau 4 MB
Total = 4 MB pesan + 20 MB materi = 24 MB
Google Classroom

Google Classroom merupakan media pembelajaran yang paling populer dan hampir setiap sekolah menggunakan media ini. Cara penggunaannya setiap guru akan membuat kelas di Google Classroom kemudian siswa dapat bergabung dengan memasukkan kode unik. Melalui Google Classroom guru dapat menyampaikan materi berupa file (power point, pdf, docx), video ataupun link video youtube.

Untuk memudahkan perhitungan konsumsi data maka aktivitas membuka Google Classroom saya kategorikan sebagai aktivitas browsing di Internet. Menurut situs San Antonio Independent School District, aktivitas browsing di internet selama satu jam akan menghabiskan data dengan kisaran 60-150 MB.

Maka jika diasumsikan seorang siswa membuka Google Classroom dan melakukan browsing materi pembelajaran selama 2 jam akan menghabiskan data sekitar 250 MB.

Youtube

Selain menyampaikan materi berupa file, guru sering kali menyampaikan materi dalam bentuk video yang diupload di Youtube. Biasanya youtube-lah yang akan dijadikan tersangka dalam menghabiskan kuota internet. Eitss, mari kita lihat dulu detail konsumsi data youtube untuk masing-masing pilihan kualitas video.

Youtube menyediakan beberapa kualitas video di antaranya 144p, 240p, 360p, 480p, 720p, dan 1080p. Berikut detail penggunaan data pada masing-masing kualitas video youtube :

Youtube Data Usage

Sumber : Android Authority

Maka jika diasumsikan seorang siswa menonton video pembelajaran dengan durasi 30 menit dengan kualitas video 480p, perhitungan konsumsi datanya yaitu :

30 menit x 11 MB = 330 MB
Video Call

Media pembelajaran menggunakan video call relatif jarang digunakan karena harus menggunakan koneksi internet yang stabil. Pun perhitungan konsumsi datanya juga relatif rumit. Hal ini tergantung dari seberapa banyak orang yang bergabung dalam sebuah video call, seberapa banyak orang yang mengaktifkan fitur webcam dan penggunaan resolusi video. Namun menurut situs REVIEWS.org jika di rata-rata penggunaan video call selama 1 jam membutuhkan data sebesar 810 MB - 2,4 GB.

Zoom Data Usage

comments powered by Disqus